Selagi sholat Isya tadi malam, HP-ku bergetar 2 kali, pertanda ada 2 pesan masuk. Selesai sholat, kuperiksa isi sms yang masuk tersebut. Bingung juga, tahu-tahu ada pesan (lupa bunyi tepatnya bagaimana) bahwa setting baru telah diterima dan apakah mau meng-installnya.

Eits, install apa nih? Ya udah ikutin saja dulu, tanpa mikir resiko apa pun (he he … nekat :D). Install selesai. Kemudian baru muncul sms dari 818(XL) yang isinya:

Kami akan mengirimkan setting GPRS/MMS sesuai tipe HP Anda, setting ini gratis. Tekan SAVE/YES pd pesan berikutnya. Untuk aktivasi fitur GPRS/MMS hub. 818

Ooooo … ternyata sebetulnya sms ini masuk terlebih dahulu, baru setting GPRS/MMS nya dikirim. Sistem HP-ku memang FILO sih kalau menerima pesan :p. Biasanya sih tidak masalah, tapi kalau kejadian seperti ini jadi bingung.

Ok, back to topic. Hal pertama yang terlintas di pikiran adalah ini merupakan langkah pemasaran yang bagus dari XL. Karena banyak pemilik HP yang malas mengaktifkan fasilitas GPRS/MMS nya karena bingung cara setting nya. Kalau seperti ini, akan sangat membantu sekali dan membuat orang-orang penasran untuk mencoba fasilitas GPRS/MMS.

Hal yang kedua yang terlintas adalah, hmm apakah XL sedang mencari penghasilan tambahan setelah mengeluarkan banyak dana untuk 3G? :D

Dan hal yang ketiga adalah, darimana XL tahu tipe HP masing-masing pelanggannya? Kalau XL bohong, sepertinya tidak mungkin juga, soalnya setiap merek dan tipe HP itu berbeda setting GPRS/MMS nya. Apakah setiap operator memang bisa mengeceknya ya? Baru tahu nih …. Wah kalau ganti-ganti HP operator tahu juga dong.
Kalau benar begitu, wah bisa dijadikan alat pemasaran lainnya nih. Jadi, iklan dari operator bisa disesuaikan dengan targetnya. Misal iklan tentang layanan 3G hanya dikirmkan untuk pemilik HP yang support 3G saja, dll.

Bisa juga dijadikan pemetaan pelanggan :D. Misal operator A lebih disukai masyarakat menengah ke bawah. Operator B lebih disukai pelanggan kelas atas, dst.

He he … jadi ke mana-mana nih :D. Anyway, well done XL!

***

Tambahan:
Maaf bila banyak yang ‘nyasar’ ke sini dengan harapan untuk dapat mendapat pencerahan mengenai setting GPRS/MMS XL, karena saya sendiri bukan ahlinya dan juga bukan staf XL ^-^. Mungkin ada pengunjung lain blog ini yang bisa bantu. Tapi jangan berharap terlalu banyak ya :).