Dulu, ketika mendengar tentang buta warna, yang terlintas di pikiranku adalah dunia abu-abu layaknya televisi hitam putih. Kurasa tidak sedikit orang yang berpikir demikian.

Saat SMU barulah kusadari bahwa ku juga buta warna. Aku tentu terkejut, orang tua ku lebih lagi. Aku memang kadang sulit membedakan warna-warna senada. Tapi itu kupikir karena kamus perbendaharaan warna ku yang kurang. Lagipula aku melihat dunia ini penuh warna. Jadi tidak pernah terlintas bahwa aku sebenarnya buta warna. Agak sulit juga meyakinkan orang tua ku bahwa ku masih bisa membedakan warna, tidak buta warna total atau monochromacy.

Banyak yang tidak tahu, bahwa buta warna itu banyak macamnya. Dan kasus monochromacy adalah yang paling langka. Salah satu penjelasan lebih detil dan ilmiah bisa dilihat di artikel Wikipedia tentang Color Blindness. Aku sendiri termasuk penderita dichromacy protanopia, yaitu disfungsi dari salah satu dari 3 reseptor warna utama, dalam kasusku adalah warna merah.

Buta warna umumnya disebabkan karena keturunan. Penyebab lainnya adalah kerusakan syaraf mata karena kecelakaan atau bawaan lahir. Menurut salah satu riset 5-8% pria dan 0,5% wanita dilahirkan buta warna. Dan 99% penderita buta warna termasuk dichromacy protanopia dan deuteranopia (disfungsi warna hijau). Jadi apakah anda juga buta warna? Tidak ada salahnya mencoba tes buta warna ;).

Ok, lalu bagaimana orang buta warna melihat dunia? Berikut contoh yang diambil dari sini. Perbedaan penglihatan akan obyek sehari-hari dan salah satu Ishihara color test. Bagaimana anda melihatnya?


Mata normal


Protan


Deutan


Tritan

Buta warna memang dapat menggangu aktifitas sehari-hari. Itu faktanya. Tapi kadang aku tidak habis pikir bahwa ‘kekurangan’ ini dibuat menjadi batasan secara berlebihan. Contoh ketika memilih jurusan di perguruan tinggi atau mencari pekerjaan. Beberapa bidang mengharuskan kandidatnya lolos tes buta warna. Seperti CMIIW, elektro dan kimia. Wajar memang, tapi bukankah dengan bantuan rekan, atau alat bantu seperti label nama atau lainnya bisa membantu? Toh buta warna tidak mengurangi kecerdasan dan potensi seseorang ;).

Silakan coba simulasi buta warna yang disediakan dengan baik hati oleh situs ini. Cukup upload image, nanti bisa mendapat gambaran seperti apa dunia di mata seorang penderita buta warna.

About these ads