Mungkin bukan audio book pertama yang ku dengar, tapi yang pasti merupakan audio book pertama yang kudengar sampai habis🙂. New Spring adalah prekuel pertama dari seri The Wheel of Time oleh Robert Jordan. Total durasi kurang lebih 13 jam ^-^!

Kenapa New Spring? Karena terpaksa :p. Mencoba mencari format ebook nya tidak kunjung ketemu. Kalau pun ada hanya sampel saja, jadi tidak lengkap. Ternyata yang ada hanya dalam bentuk audio book. Dibundel dalam 11 buah file mp3. Format aslinya dalam 11 CD.

New Spring adalah sebuah novel, karena itu dibacakan oleh kedua narator dengan gaya story telling. Sudut pandang dari novel ini berada pada Moraine dan Lan. Ketika cerita dari sudut pandang Lan, maka narator pria yang akan bercerita, dan sebaliknya. Pelafalan kedua narator cukup jelas, walau kadang suara naraotr pria agak tenggelam karena suaranya terlalu rendah. Yang agak mengganggu adalah ketika narator mengucapkan dialog dari lawan jenis. Aneh mendengar suara wanita meniru suara pria dan sebaliknya. 

Hal lain mengganggu adalah pemotongan bab. Total dalam novel ini terdapat 26 bab, 1 epilog dan 1 wawancara dengan penulis. Lebih memudahkan bila untuk masing-masing bab dibuat dalam file terpisah. Bukan sekedar membagi rata keseluruhan durasi dalam 11 file. Kadang ada bab yang terpotong di tengah-tengah dan dilanjutkan di file berikutnya. Kalau mendengarkannya non-stop mungkin bukan masalah, tapi hey 13 jam?

Bagaimanapun,  aku cukup puas dengan novel ini, walau terlalu sedikit yang diceritakan – ciri khas RJ memang terlalu banyak detil tidak penting🙂. Setidaknya cukup menggambarkan awal dari epik fantasi ini dan bagaimana awal hubungan Moraine dan Lan, serta misi panjang mereka.

Suka duka mendengar audio book, hmmm… Lebih banyak duka sepertinya😀 Sukanya adalah bisa mengisi kebosanan perjalanan pulang pergi kantor-rumah beberapa hari ini. Dukanya adalah kebisingan lalu lintas dan mesin bis sering mengalahkan suara mp3 player ku😦. Dan kalau perhatian teralih sedikit saja, kadang jadi sulit mengikuti cerita. Yah, siapa suruh mendengar audio book di jalan raya😉.