Umumnya setiap produk menyertakan FAQ atau Frequently Asked Questions dalam dokumentasinya. Pengalaman selama ini, membaca FAQ tidak terlalu membantu, karena yang tercakup di dalamnya hanya pertanyaan-pertanyaan umum dan sangat mendasar. Padahal harapan utama ku dari membaca FAQ adalah untuk memecahkan masalah dalam implementasi atau penggunaan produk tersebut. Karena biasanya memang hanya seputar hal-hal non-teknis saja. Tampaknya memang harus membaca baik-baik dokumentasi lengkapnya untuk memecahkan masalah teknis😦.

Timbul suatu pertanyaan, apakah benar itu adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan? Berdasarkan perhitungan statistik pertanyaan yang masuk ke tim pengembang? Kalau memang begitu, mengapa jarang sekali atau bahkan tidak ada FAQ yang diperbarui secara berkala sesuai dengan perkembangan? Apa memang pertanyaan-pertanyaan yang berada pada ‘posisi atas’ memang tidak berubah?

Lucu juga kalau hal-hal yang dibahas dalam forum justru tidak masuk ke dalam daftar FAQ🙂. Malah umumnya, pada awal rilis produk tersebut, sudah lengkap dengan FAQ nya. Hmm, belum dirilis sudah ada yang bertanya ?😀

Mungkin seharusnya nama yang tepat bukan FAQ, tapi PFAQ atau Probably Frequently asked Questions ^-^. Atau mungkin FANTQ alias Frequently Asked Non-Technical-Questions😀.

Duh, tidak penting ya ….🙂