Hmm, kenapa disebut obat ya?

Medicine:  a substance or preparation used in treating disease (Merriam-Webster Online Dictionary)

Kalau obat batuk untuk menyembuhkan batuk, obat nyamuk berarti untuk menyembuhkan nyamuk. Baik sekali kita ya, sudah terganggu oleh gigitan mereka, masih juga berbaik hati memberi mereka obat🙂. Lho tapi kok malah (banyak yang) mati? Mungkin karena obatnya kebanyakan jadi overdosis ^-^.

HIT

Obat nyamuk yang lagi naik daun. Aneh juga sudah dilarang sejak 2 tahun lalu, sampai beberapa waktu lalu masih juga diproduksi. Padahal mereka (produsen HIT) juga tentu paham bahaya dari diklorfos, tapi dengan alasan belum menemukan substansi pengganti, dengan tenangnya terus memakainya. 2 tahun belum bisa membuat formulasi baru? Apa saja yang dilakukan oleh R&D mereka ya -_-?

Sudah di-blow di media pun, sampai sekarang masih saja tidak sungguh-sungguh dalam menarik produk mereka itu. Ck ck ck …..

Awalnya kupikir beberapa media tidak adil juga dalam memberitakan, karena mereka menyamaratakan semua produk HIT. Secara tidak langsung memberi kesan semua produk HITdilarang. Untuk meng-counter-nya, HIT bahkan sampai memasang iklan produk mereka yang bebas diklorfos🙂.

Tapi, konon itu adalah hukuman 'sosial' dari Badan POM. Biar produsen tidak seenaknya dalam pembuatan produknya. Kalau seperti ini, nama baik dari produk itu ikut jatuh. Tentunya mereka tidak mau begitu. Apalagi hukuman dalam pemberian peringatan, pelarangan produksi selama beberapa waktu, atau denda tidak akan membuat kapok.

Kembali ke masalah penarikan produk. Kalau saja pemerintah memberi dead-line penarikan produk, dan memberi denda besar untuk setiap hari keterlambatan, pasti mereka bakal kelimpungan🙂.

Sayang, banyak juga masyarakat yang tidak tahu menahu soal ini. Dan masih setia memakainya😦.