GPFGeneral Protection Fault atau GPF adalah seri comic strip karya Jeffrey T. Darlington. Seri ini dimulai pada tanggal 2 September 1998. GPF berkisah mengenai sebuah perusahaan yang bernama GPF Software. Nama yang unik mengingat ‘ketenaran’ istilah General Protection Fault di kalangan pengguna Windows pada saat itu. Tokoh utama dari seri ini adalah (pada awalnya) Nick, Fooker, Ki, Dwayne serta Trudy. Seri ini berisi humor-humor sederhana namun cukup menggelitik. Inilah yang membuatku jadi tertarik pada seri ini.

Hal menarik dari seri ini adalah pengembangan masing-masing karakter dan plot cerita. Dari cerita sehari-hari sebuah perusahaan software dan para geek yang bekerja di sana, hingga akhirnya menjadi cerita yang kompleks bak sebuah novel. Jumlah karakter juga bertambah dan cerita pun makin bervariatif dengan parodi dari beberapa film seperti Star Trek, Terminator dan James Bond. Namun uniknya tetap tidak keluar dari plot utama.
Tentang kekompleksan plot cerita, ibarat novel Dune dari Frank Herbert🙂 scheming within scheming within scheming (ini tidak salah ketik). walau ceritanya makin serius, namun kita akan tetap terhibur dengan humor-humor segar yang masih terdapat di sana-sini.
Hingga kini seri ini masih berlanjut. Sayangnya seri ini, setelah hampir 8 tahun, sepertinya sedang dalam fase untuk mati suri. Mudah-mudahan saja karena kesibukan sementara sang ilustrator. Well, kalau sedang iseng, dipersilakan untuk mengejar ketertinggalan kalau ingin mengikuti seri ini. Mumpung baru ada 2660 strip😀.