Detective Conan 10th Anniversary Drama Special
A Challenge Letter to Kudou Shinichi – Prologue Until Goodbye

Terlihat dari judul (?) nya yang panjang, bahwa drama ini dibuat dalam rangka 10 tahun serial Detective Conan. Wow, 10 tahun? Benar juga. Pertama kali manga ini keluar itu ketika diri ku masih SMP.

Menemukan drama ini secara tak sengaja, jadi tergoda untuk coba menontonnya. Setelah penantian panjang akhirnya selesai juga proses download nya🙂. Tapi, ternyata kekecawaan yang didapat. Sejak awal sudah terlihat bahwa drama ini terlalu dipaksakan dan cenderung ‘norak’. Belum lagi gaya Shinichi yang dibuat sok cool. Huh, merusak image saja >_<.

Walau memakai nama ‘Conan’, tapi tokoh dalam drama ini adalah Shinichi Kudou sebelum ia menjadi ‘kecil’. Cerita dalam drama ini adalah tentang tantangan yang diterima Shinichi. Ia harus melindungi teman-teman nya pada saat perjalanan wisata dari usaha penculikan. Shinichi gagal, dan salah satu temannya hilang dari atas kapal. Setelah itu sang penculik kembali mengancam akan menculik satu orang lagi pada waktu yang ditentukan. Dan mudah ditebak penculikan kedua berhasil dilakukan. Terakhir, sang penculik memberikan satu tantangan lagi yang harus diselesaikan.

Perbedaan besar dari seri manga atau anime nya adalah jalan cerita yang terlalu gampang ditebak. Tak perlu berpikir keras, siapa pun bisa menebak siapa 2 orang yang diculik itu. Trik yang digunakan pun terlalu sederhana. Bahkan kesalahan yang dilakukan sang penculik terlalu mencolok. Malah mengherankan ketika Shinichi justru tidak bisa langsung menyadarinya :p. Tidak ada trik spektakuler dan tak terduga yang digunakan. Motif sang pelaku pun dangkal.

Drama pun diakhiri dengan kunjungan Shinichi dan Ran ke taman hiburan. Di hari Shinichi bertemu dengan kelompok berbaju hitam dan menjadi Conan. Ini menjelaskan makna dari bagian akhir judul(?) panjang drama ini. Hmm, haruskah dipaksakan ceritanya sampai begitu?

Garapan cerita yang membosankan. Akting pemain yang tidak natural. Karakter tokoh yang terlalu dibuat-buat. Terlalu banyak kejanggalan dalam cerita (hal yang sangat penggangu buat pemerhati detil seperti ku -_-`). Apalagi alasan untuk tidak menonton drama ini😀 ? Mungkin hanya fans berat serial ini yang bisa menikmatinya.

Referensi: http://www.wiki.d-addicts.com/Detective_Conan