Satu lagi titipan dari si tukang arsitek ^-^

 

Waaaahhhh….kenapa gw gak berasa apa2 ya kalo dulu tuh sumatera and jawa itu ternyata satu pulau, padahal terpisahnya kedua pulau itu baru seabad yg lalu….sekitar 1880-an lah, lupa persisnya. Bahkan gw cenderung menganggap itu seperti mimpi dongeng pengantar tidur. Dan suatu ketika gw pernah melihat film di tv tentang perjalanan waktu, kalo gak salah judulnya Time Machine. Disitu digambarkan bagaimana manusia bisa lupa masa lalu mereka, sekalipun telah melewati peradaban yang sangat canggih, manusia mungkin akan kembali pada masa di mana semuanya dimulai dari awal. Gw secara pribadi setuju sama gagasan ini, bahwa manusia cenderung melupakan sejarahnya.

Sebenarnya banyak hal yang berasal dari masa lalu yang membuat kita bertanya-tanya. Piramida adalah contoh konkret yg sangat sering di bahas, meski banyak teori yang mencoba menjelaskan bagaimana pembangunan piramida terjadi, tetap saja masih banyak misteri yang tersembunyi. Sangat sulit bagi manusia saat ini (yang menganggap manusia jaman dulu ‘pasti’ tidak secanggih manusia jaman sekarang) untuk memahami dengan benar, bagaimana manusia purba membangunnya. Apalagi ada teori yg menyebutkan pembangunannya 12000 tahun yang lalu. Kita sulit membayangkan manusia jaman dulu memiliki cukup teknologi canggih untuk membangun itu semua.

Pertanyaannya adalah….benarkah manusia jaman dulu begitu primitif?????

Gw pribadi beranggapan bahwa manusia jaman dulu tidak seprimitif anggapan kita semua saat ini. Mungkin malah manusia jaman dulu jauh lebih canggih dalam tataran lingkungan. Mereka mencapai taraf kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa melakukan perusakan alam seperti yang kita lakukan saat ini. Ok, kita lihat contoh lebih dekat. Pernah gak kepikiran bagaimana nenek moyang kita menemukan segala macam obat-obatan alami??? Apa pake mikroskop??

Kalo membayangkan betapa manusia bisa amnesia terhadap sejarah yang melatarbelakangi mereka, bukan gak mungkin, sebenarnya banyak hal luar biasa yang pernah terjadi dan dialami manusia selama di bumi, tetapi tanpa di ketahui manusia jaman sekarang. Bahkan bisa jadi segala daya dan upaya manusia saat ini untuk mempelajari sejarah manusia sebenarnya tidak berada pada jalur yang tepat. Karena banyak juga sejarah bumi dan manusia yang di dasarkan pada praduga berdasarkan pada bukti yang sangat terbatas. Bukan gak mungkin terjadi banyak peristiwa di masa lalu yang telah menghapus jejak sejarah manusia yang sebenarnya, dan kita terjebak untuk mempercayai sebatas yang kita tahu, dan secara pasti meyakininya (seperti dogma evolusi manusia dari monyet), dan lalai untuk membuka pintu bagi kemungkinan sejarah manusia yang berbeda.

Ok, yang kemudian jadi kepikiran, amnesia manusia ini bisa jadi akan menimpa manusia di masa depan. Bukan gak mungkin kita akan jadi fosil yang diteliti. Bisa jadi segala kemajuan yang telah kita lakukan saat ini akan terlupakan. Gak ada juga yang bisa menjamin kan??? Orang jaman dulu juga bukan gak mungkin beranggapan bahwa mereka gak mungkin terlupakan, mereka telah mencapai tahapan kehidupan yang dalam pandangan mereka sudah luar biasa, yang gak mungkin terlupakan. Bisa jadi kita saat ini seperti keadaan mereka jaman dulu, suatu manusia dengan kebudayaan yang luar biasa baru bisa jadi menunggu di masa depan untuk melupakan kita????????

Yah ini cuma tulisan dari pikiran sekilas, sekedar sharing pemikiran aja. Diharapkan jangan ada yang bingung. Pasti banyak yang salah dari tulisan gw, so…..kalo mang ada yang mau komen silahkan aja…….

written by : Hanif S