Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.” QS.45 (Al Jaatsiyah) – 13

Bagi kaum yang berpikir, ya kurasakan sekali kebenaran kalimat tersebut. Berawal dari perenungan panjang tentang berbagai hal, yang kemudian menghasilkan tulisan ‘Hidup Tanpa Penyesalan‘. Tulisan itu masih jauh dari sempurna memang, tapi kurasa bisa merangkum banyak (ku tidak berani bilang semua) aspek kehidupan.

Sedikit mengulang, tapi, ya, segala sesuatu yang telah terjadi pada kita, itulah yang terbaik bagi kita. Karena Allah selalu memberikan yang terbaik. Selanjutnya adalah bagaimana kita melihatnya. Dan tidak boleh terlupa bahwa tidak ada yang tahu apa yang telah Allah gariskan untuknya kemudian (belum terjadi), karenanya usaha dan tawakal ke arah yang lebih baik tidak boleh berhenti.

Kembali ke soal berpikir. Sejak merenungi soal ‘hidup’ dan ‘penyesalan’ itulah ku mulai lebih sering berpikir tentang segala kejadian yang kualami. Dan ternyata memang bila dipikirkan dan dicari, terlihat dengan jelas bahwa kebesaran Allah senantiasa menyertai keseharian kita.

Ketika ku sedang bertanya-tanya mengenai sesuatu, jawabannya muncul berturutan di sekitar ku dalam berbagai wujud, eksplisit maupun implisit. Ketika mengalami peristiwa ‘tidak biasa’, berbagai kejadian yang sekilas ‘kebetulan’ menyertai dan seakan saling melengkapi. Contoh terbaru soal ini adalah ketika mengalami banjir (belum semua kutulis di situ) kemarin. Duka dari musibah banjir tersebut memang kurasakan, tapi di banyak hal, yang kurasakan justru hidup ku menjadi lebih baik. Ini hanya sedikit contoh saja.

Bila kita mau berpikir, misteri dan keindahan hidup akan tampak sedikit demi sedikit. Cobalah, dan ambil hikmah sebanyak-banyaknya dari setiap detik kehidupan yang dijalani.

Ah iya, satu lagi. Pernah memikirkan waktu suatu kejadian? Kenapa terjadi saat ini? Kenapa saat itu? Kenapa belum terjadi? Dan pertanyaan sejenis lainnya. Bahkan waktu pun menyimpan misteri kehidupan. Segala sesuatu memiliki waktunya sendiri. Dan kapan pun itu, yakinlah bahwa itu adalah waktu yang terbaik untuk peristiwa terjadi.

***

Gambar ayat diambil dari Sofware Al-Qur’an Digital versi 2.0 dengan lisensi sederhana: “Freeware © Hak cipta hanya milik Allah swt“. Hasil jerih payah dari orang-orang yang tidak mau menyebut namanya namun insya Allah akan diberi balasan berlipat.