Bermula dari keinginan mendengar wawancara dengan Matt Mullenweg, sang kreator WordPress. Satu hal tentang WordPress adalah mereka tidak pernah berhenti berinovasi. Menyenangkan melihat suatu aplikasi yang sangat mengerti kebutuhan penggunanya. Hmm, nice interview.

Podcast wawancara dengan Matt dibawakan oleh Brian Oberkirch. Ia telah mewawancarai banyak orang yang bergelut di bidang IT, dan ia sangat baik melakukannya. Lebih baik dari kebanyakan pembawa acara biasa. Daftar lengkapnya bisa dilihat disini. Bagus untuk membuka wawasan.

Eksplorasi pun dimulai. Berawal dari mendengarkan podcast wawancara satu orang, mengecek hal-hal yang ia rujuk, lalu baca blog pribadinya. Terus bertambah tanpa henti. Informasi seakan tidak ada habisnya, sampai kadang teringat istilah ‘tersesat di hutan informasi’ ^-^. Yah, untuk sesuatu yang baik tentu.

Coba-coba terhadap berbagai community based application pun dilakukan. Telah punya account di del.icio.us tapi lebih terpikat oleh apiknya ma.gnolia. Membuat jadwal harian dengan kalender 30 Boxes. ‘Berkemah’ bersama 37signals. Mampir ke toko t-shirt Threadless. Mengumumkan status diri ke seluruh dunia dengan Twitter. Tertarik memulai kehidupan baru di Second Life. Cetak kartu di Moo. Lihat-lihat ke tempat lain seperti Vimeo, Mirror Project (untuk yang narsis berat), dan Ning. Bahkan mencoba membuat kutipan legendaris dan mendapatkan kredibilitas di Jyte. Norak? Mungkin😀.

Semua itu berbasiskan komunitas. Ide sederhana, tapi berhasil. Kuncinya adalah mendengarkan anggota komunitas. Karena merekalah yang menggunakan. Hal yang menyenangkan menurut pendapatku.

Ada 2 hal yang paling menarik perhatian ku, yaitu microformats dan OpenId. Ku setuju dengan mereka yang mengatakan bahwa kedua hal tersebut memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Untuk OpenId mungkin bisa lebih mudah dipahami dengan mendengar presentasi dari Simon Willison di The Future of Web Apps tentang masa depan OpenId. Kedua hal itu akan kubahas lebih dalam lain kali🙂.

~ wow, a lot of links
~ yah kurasa cukup untuk mengisi kekosongan ^-^
~ lumayanlah sambil berbagi informasi