Life is a choice. And this is just another crossroad.

Mungkin ini keputusan yang tidak tepat. Tapi siapa yang tahu secara pasti? Ku pikir seseorang harus yakin dengan pilihannya. Meski opsi yang ada sama tidak mengenakkan atau sama tidak jelas ujungnya. Keraguan pasti ada. Tapi ketika sudah diputuskan, patutkah masih diselimuti bimbang? Ya, ada keadaan di mana merubah keputusan (bahkan di saat-saat terakhir) adalah hal yang tak terhindarkan. Tapi di luar itu?

Seringkali ketika meminta masukan dari orang lain tentang keputusan apa yang sebaiknya diambil, respon yang didapat kurang. Namun, ketika sudah diputuskan suara-suara keberatan tiba-tiba muncul. Aku sering mengalaminya, dan tidak suka seperti itu. Maksudku, kenapa di saat-saat terakhir, bahkan ketika sudah terlambat? Yah, tapi begitulah adanya. Kuanggap itu sebagai ujian kesungguhan.

Kupikir tidak ada keputusan yang salah. Keputusan yang kemudian dirasa tidak tepat pada akhirnya bila dilihat dengan jernih, pasti ada makna dibaliknya. Kita sebagai manusia kadang terlalu sempit dalam menilai sesuatu itu baik atau buruk. Ada keputusan-keputusan di masa lalu yang kusesali. Tapi bila dilihat lagi, kurasa itu yang terbaik untukku.

Kali ini, kurasa ku tahu peran kecilku di tempatku sekarang ini. Sebagai katalis perubahan🙂. Dan tambahan wawasan, pengalaman, serta pemikiran untuk diriku sendiri. Semoga.

… well, in the end, it’s just another crossroad.