Tag

Atas hasutan dari seseorang yang tidak keberatan dikenal sebagai seorang manga otaku, Amir, akhirnya ku setuju untuk menjadi kontributor untuk Stochastic Manga. Untuk awalnya akan lebih banyak ke ulasan manga yang pernah kami baca. Ke depannya mungkin akan lebih luas lagi, misal soal profil mangaka, atau entahlah. Apalagi yang bisa digali dari topik ini ^-^?

Mungkin ada yang pernah tahu bahwa aku masih punya blog serupa di sini. Kemudian kadang ku juga menulis artikel sejenis di blog ini. Lalu kenapa membuat blog baru lagi? Yah hanya masalah membuat identitas baru saja😉. Nantinya ulasan yg pernah ku muat di sini atau di blog ini mungkin juga akan ku ‘muat’ ulang di blog yang baru.

Lalu … apa sih motivasi membuat blog semacam itu? Mungkin lebih ke arah berbagi pengalaman saja. Kadang merasa ‘sayang’ setelah membaca suatu manga yang tidak terlalu terkenal tapi ceritanya bagus (subyektif tentu), dan banyak yang tidak tahu. Kalah pamor dari manga mainstream macam Naruto, Bleach dan One Piece. Padahal secara kualitas bisa lebih bagus.

Tapi … mungkin juga karena setidaknya ada suatu ‘hasil’ setelah menghabiskan waktu (dan bandwidth) untuk mengumpulkan dan membacanya. Kalau hanya untuk hiburan pribadi … duh mubazir! Segala sesuatu itu harus ada report nya, halah >_<.

Selain itu, juga sebagai wujud apresiasi kepada sang mangaka. Paling tidak karena diriku tidak termasuk ‘pembeli’ karya mereka ^-^. Maklum masih menabung untuk persiapan tahap kehidupan berikut (mulai ngelantur nih).

Membuat blog khusus manga ini bukannya tidak beresiko. Paling tidak ada 3 resiko utama. Pertama, dengan menjadikan manga sebagai tema atau dengan kata lain brand dari blog, maka siapa pun yang terlibat akan diberi cap ‘otaku’. Hey, punya beberapa judul manga bukan berarti otaku kan? Lha paling cuman sekitar 160-an judul, tidak banyak kan :p ? Kedua, akan banyak spam memberi pesan-pesan cinta mereka. Ketiga, akan banyak permintaan link untuk download.

Khusus untuk link untuk download tidak akan dilayani, maaf saja. Karena bukan itu tujuan dari blog tersebut. Yah kecuali sukses menyogok dan merayu kami😀. Silakan berusaha sendiri untuk mengais-ais di belantara internet dengan bantuan mbah Google. Lebih bagus lagi kalau memilih untuk membelinya di toko-toko buku mana saja (tidak perlu yang kesayangan atau terdekat).

Itu dulu. Dan jangan lupa mampir Stochastic Manga.