Tag

Baru kudapati kabarnya dari DragonMount, 16 September kemarin Robert Jordan, penulis dari seri The Wheel of Time meninggal. Setelah beberapa bulan terserang penyakit langka amyloidosis. My condolences.

Jelas suatu pukulan telak bagi para penggemarnya. Buku penghabisan (buku ke-12) dari seri The Wheel of Time yang dinanti-nanti tidak akan pernah ada. Selain itu, dari 3 prekuel yang direncanakan akan ditulis, baru New Spring yang telah diterbitkan.

Apa yang spesial dari seri ini? Detil cerita yang dalam dan plot yang rumit. Terlalu rumit malah. Tapi kurasa itu yang membuat penggemar seri tersebut tertarik. Sekilas mungkin tidak ada yang istimewa pada jalan ceritanya. Tapi bagi pembaca yang teliti, ternyata banyak yang bisa digali.

Menarik mengikuti diskusi di milis-milis mengenai ceritanya. Mengapa begini, mengapa begitu. Masing-masing bisa membuat teori yang dilengkapi dengan argumen yang kuat. Sebuah FAQ yang dibuat para penggemarnya seperti yang ini, bisa merangkumkan apa-apa saja yang mungkin terlewat dan memberi pencerahan buat pembaca yang bingung.

Bagi penggemar buku di Indonesia namanya mungkin sedikit asing, karena karyanya tidak terlalu populer di sini. Diriku sendiri mengenal karyanya atas ‘paksaan’ dari makhluk bulat ini. Tiga buku pertama hasil meminjam darinya. Setelah itu karena tak sabar akhirnya menyiksa mata dengan membaca versi ebook-nya, dari buku ke-4 sampai 11. Sedangkan untuk New Spring, kucoba pengalaman pertama mendengar audio book.

Duh, rada berantakan posting ini. Maklum curi-curi waktu …..