Tag

, , ,

Bila blogging adalah penyakit, maka ia termasuk yang pertumbuhan jumlah ‘penderitanya’ cukup pesat. Sekali terjangkit akan sulit untuk ‘disembuhkan’ karena memiliki efek candu. Varian dari penyakit ini terus bertambah. Satu persatu kemungkinan tak terbatas dari blogging mulai terlihat. Menarik bila diperhatikan, sebagian dari blogger seperti mengalihkan pencarian identitasnya dari dunia nyata ke dunia internet. Ah ya, tapi ini soal lain🙂.

Tak bisa dipungkiri semua orang ingin mendapat perhatian. Bahkan seorang introvert sekalipun. Mungkin dengan media seperti blog ia bisa lebih terbuka. Dan kebanyakan orang nge-blog untuk berbagi, jadi wajar kalau ingin tulisannya dibaca banyak orang. Naiknya pamor beberapa blogger menjadi ‘seleb’ blog di satu sisi memancing blogger yang ingin tenar secara instan. me-refresh statistik blog menjadi suatu obsesi. Jadi, berapa kali kah dalam sehari Anda mengecek statistik blog masing-masing :D?

Salah satu cara mudah adalah dengan yang kusebut dengan membuat postingan ‘Lampu Merah’ :p. Yap, koran kriminal yang legendaris itu ^-^. Pasang judul yang provokatif, bombastis, pancing orang untuk membaca. Atau menulis sesuatu yang kontroversial untuk mengundang gelombang pro kontra. Waalau mungkin isinya biasa saja, tidak ada hal baru.

Lalu muncul pula jenis blogger lain, yang ingin mendapatkan pemasukan dari blog. Karena berbisnis perlu membangun reputasi, maka otomatis mereka pun mencari ketenaran secara instan pula.

Ok, tidak ada yang salah dengan itu. Hal yang mengganggu ku secara pribadi adalah ada yang baru mulai blogging secara serius (anggap masih masa percobaan lah :D) tapi sudah ribut soal traffic dari blog nya. Kenapa tidak coba konsisten dulu selama beberapa bulan, baru kemudian mulai berpikir soal ini?

Bahkan dalam dunia blogging pun teori ‘ekor panjang‘ nya Chris Anderson berlaku. Tapi kita tidak perlu melakukan apa pun untuk survive, kecuali ya itu, bila ingin tenar. Di sinilah jurus-jurus branding harus dikeluarkan. Untuk ini silakan berguru pada para ahlinya.

Pada akhirnya blog yang layak mendapat ketenaran, akan tenar dengan sendirinya😉.

~ tak berapa lama yang lalu, blogging adalah sesuatu yang sederhana ~_~