Tag

Apa kriteria untuk menjadi seorang pahlawan? Menjadi pemimpin di sebuah peperangan? Mempunyai kekuatan super? Mempertahankan bumi dari serbuan monster? Tahukah bahwa negri kita ini punya satu badan yang berwenang untuk menominasikan seseorang menajdi pahlawan? Badan Penilai Pahlawan Nasional, pernah dengar :D?

‘Mengangkat’ pahlawan sepertinya adalah tradisi dari perayaan Hari Pahlawan tanggal 10 November. Kali ini akan diangkat 4 pahlawan baru. Jadi berapakah jumlah pahlawan nasional Indonesia sampai hari ini? Bagi sebagian besar orang (termasuk diriku) perbendaharaan nama pahlawan mungkin tidak lebih dari nama-nama yang memenuhi buku pelajaran sejarah dan pemilik wajah-wajah yang menghiasi ruangan kelas (apakah yang di kanan-kiri burung Garuda termasuk pahlawan juga :)? ).

Kecuali yang menobatkan dirinya sendiri jadi pahlawan, semua pasti percaya bahwa mereka semua layak menyandang gelar itu. Namun, lalu hanya itukah? Menghargai sebatas nama?

Tertutup bayangan seorang jendral besar, pahlawan di medan perang, berdiri ribuan prajurit yang sering terlupakan. Sebagian masih ada di antara kita. Berjalan ke mana-mana dengan gagahnya dalam seragam veteran. Seakan ingin menunjukkan bahwa mereka ada. Bahwa mereka memiliki kebanggaan.

Tapi, bukan rahasia lagi bahwa mayoritas dari mereka hidup dalam kesusahan. Ditambah dengan semakin menurunnya rasa hormatnya pada para pahlawan, terlebih pada yang tak dikenal seperti mereka. Kisah heroik mereka mungkin hanya menjadi pengantar tidur bagi cucu-cucu mereka. Ah miris sekali setiap melihat mereka.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mereka? Bagaimana pula dengan pahlawan pendidikan, pahlawan ekonomi, dan lainnya?

Lalu, tidakkah terbesit keinginan untuk menjadi seorang pahlawan juga? Tidak perlu muluk-muluk, paling tidak pahlawan untuk orang-orang di sekitar kita😉.