Tag

Belum lama, halte Halimun tidak lagi menjadi halte transit untuk Busway koridor IV (Pulogadung – Dukuh Atas II) dan VI (Ragunan – Dukuh Atas II). Beban itu dialihkan halte Dukuh Atas II. Lucu sebenarnya, karena halte Halimun masih bisa digunakan untuk transit. Dan rute Halimun-Dukuh Atas II menjadi redundan antara koridor IV dan VI.

Di satu sisi memudahkan penumpang yang berganti koridor dari I ke VI dan sebaliknya. Tapi di sisi lain justru membingungkan. Apalagi bagi para ‘first-timer’. Sementara petugas di halte bersikap acuh dan tidak informatif. Hanya menjawab sekenanya bila ditanya :p. Bagi penumpang koridor IV, kenistaan ditambah lagi dengan pernyataan yang tertera di kertas hasil print-an yang kumuh yang isinya kurang lebih: “Rute bisa berubah sewaktu-waktu (tanpa pemberitahuan) tergantung kondisi kemacetan”.

Hari Minggu lalu, pertama kali ke melihat koridor ajaib ini: Ragunan – Pulogadung. Pesan dari petugas ketika penumpang hendak naik hanya bis tidak akan melewati Halimun dan Dukuh Atas dan langsung ke Pulogadung. Jadi sebetulnya bis tetap melewati rute biasa, hanya saja alih-alih berbelok ke Halimun, bis akan langsung mengarah ke Pulogadung selepas Latuharhari. Entah berapa banyak penumpang yang sebetulnya menuju Kuningan batal naik karena bingung.

Ada penumpang yang sepertinya hendak menuju Pulogadung dari Dukuh Atas tersasar hingga ke Ragunan. Ada pula yang hendak ke Rawamangun tapi terdampar di halte GOR Sumantri (Kuningan). Jangan tanya bagaimana bisa begitu :p.

Ah iya, satu lagi pesan cinta dari BLU TransJakarta yang tertempel di halte GOR Sumantri :

image341.jpg

Perlu membaca berulang-ulang untuk bisa memahami maksud dari pengumuman itu ~_~. Hmm, artinya, penumpang dari koridor lain (selain koridor VI) yang menuju Ragunan akan diturunkan paksa di Dukuh Atas untuk berganti bis. Tapi tunggu dulu, bukannya memang harus begitu? Ah iya sepertinya ini untuk ‘mengakomodir’ koridor bayangan Ragunan Pulogadung itu. Lalu buat apa koridor panjang itu bila di setengah jalan harus berganti bis juga >_< ?.

Duh pusing, ada yang punya info lebih jelas?