Tag

Membersihkan keyboard bukan hal yang menyenangkan. Terutama kotoran yang berada di sela-sela tuts. Padahal setelah sekian waktu, entah apa saja yang mengendap di bawah sana. Debu tentu saja, lalu remah makanan, stapless, rambut dan hal-hal ‘misterius’ lainnya. Kalau tak percaya silakan bongkar saja🙂.

Ada yang bilang butuh keberanian untuk membongkar tuts keyboard, karena salah-salah malah merusak. Padahal mudah, cukup dengan bantuan obeng minus untuk mencongkel. Asal tidak kasar seharusnya tidak masalah, sebab umumnya tuts keyboard memang didisain untuk mudah di bongkar pasang.

Tuts yang besar seperti ‘Enter’, ‘Shift’ atau ‘Space’ memiliki tambahan semacam kawat penyangga, jadi sedikit berbeda cara membongkar pasangnya. Sekilas terlihat ‘menakutkan’, tapi ternyata sama mudahnya.

Sedikit latihan sudah cukup untuk membuat mahir. Asal tidak salah posisi saja ketika memasangnya. Yah hitung-hitung latihan menghafal posisi tuts ^-^.

***

Kemudian, setelah semua tuts telah terlepas baru lah sadar kenapa orang malas melakukannya. Membongkar tuts adalah satu hal, tapi membersihkan debu yang menempel adalah tantangan yang berat😦. Terlebih bila tidak telaten dan tidak punya ‘senjata’ yang memadai untuk mencapai sela-sela sempit.

Siapa sih yang punya ide cerdas untuk membersihkan keyboard :p?

~kenapa keyboard tidak didisain untuk mudah dibersihkan juga >_<?